12/05/2017

Ingin Anak Tumbuh Sehat dan Cerdas? Caranya Mud4h

Media-islam - Setiap orang tua tentu memimpikan punya anak yang cerdas dan sehat. Terkadang para orang tua juga bingung mengapa anak-anak lain di usia sebaya dengan anaknya bisa lebih cerdas di sekolah dan jarang sakit. Psikolog Anak dan Keluarga Roslina Verauli, punya solusinya.

Menurut Roslina, sejumlah studi menunjukkan bahwa kualitas protein, vitamin, dan mineral pada makanan berkorelasi dengan baik terhadap perkembangan kognitif anak usia sekolah. Selain itu, kata dia, ada 3 faktor yang harus diperhatikan pada anak usia sekolah yakni fokus, aktifitas dan ketahanan tubuh.

"Tiga hal ini sangat berkaitan dengan performa anak di sekolah," katanya dalam peluncuran varian baru minuman Minute Maid yakni Minute Maid Nutriforce, Selasa (28/11).

Menurut Roslina, anak saat ini memiliki banyak tuntutan. Seperti tuntutan prestasi di sekolah, aktif di luar sekolah dan sosial pertemanan. Dengan begitu besar tuntutan mereka, sangat dibutuhkan kecukupan nutrisi agar mereka bisa nyaman menjalankan peran anak usia sekolah.

"Anak butuh kandungan vitamin C dan E sebagai antioksidan baik untuk melindungi si buah hati dengan melindungi jaringan tubuh," ujarnya.

Sementara vitamin B1, B3 dan B12 mampu membantu pembentukan energi bagi anak untuk menjalankan segala aktivitas di sekolah dan luar sekolah. Zat besi merupakan komponen hemoglobin dalam sel darah merah yang membawa oksigen keseluruh tubuh untuk membantu perkembangan kemampuan berpikirnya.

Roslina mengajak para bunda untuk tidak sekadar memerintah anak untuk makan makanan yang sehat, akan tetapi memfasilitasi anak dengan menyediakan makanan sehat. "Yang harus bunda lakukan harus sediakan makanan sehat di rumah. Jadi mama-mamanya isi toples-toples dengan makanan sehat jangan snack," jelasnya.

Jika tak bisa siapkan bekal, Roslina menjelaskan sekolah zaman now juga banyak menyediakan program menu sarapan dan makan siang di sekolah. Sehingga selama di sekolah, gizi seimbang bagi anak bisa terpenuhi.
(ika/JPC)/jawapos.com