Apakah diperbolehkan tidak
mencukur bulu kemaluan karena istriku lebih menikmatinya ketika berhubungan
badan? Dan apa hukum hal itu?
Alhamdulillah
Pertama,
Mencukur bulu kemaluan
termasuk diantara sunnah fitrah yang dianjurkan oleh Islam dan semua syareat
telah bersepakat. Sebagaimana yang diriwayatkan oleh Bukhoori (5890) dan Muslim
(261) dari Ibnu Umar radhiallahu’anhuma sesungguhnya Rasulullah
sallallahu’alaihi wa sallam bersabda:
( مِنْ الْفِطْرَةِ : حَلْقُ الْعَانَةِ
، وَتَقْلِيمُ الْأَظْفَارِ ، وَقَصُّ الشَّارِبِ ).
“Daintara fitrah adalah
mencukur bulu kemaluan, mencukur kuku dan memendekkan kumis.”
Sunnah juga telah
menunjukkan tidak diperkenankan membiarkan lebih dari empat puluh malam,
sebagaimana yang diriwayatkan oleh Muslim (258) dari Anas bin Malik
radhiallahu’anhu berkata:
(وُقِّتَ لَنَا فِي قَصِّ الشَّارِبِ
وَتَقْلِيمِ الْأَظْفَارِ وَنَتْفِ الْإِبِطِ وَحَلْقِ الْعَانَةِ أَنْ لَا نَتْرُكَ
أَكْثَرَ مِنْ أَرْبَعِينَ لَيْلَةً )
“Kami diberi waktu dalam
memendekkan kumis, mencukur kuku, mencabut bulu ketia dan mencukur bulu
kemaluan agar tidak dibiarkan lebih dari empat puluh malam.”
Syaukani rahimahullah
mengatakan, “Yang menjadi pilihan adalah mematok empat puluh sebagaimana yang
telah ditentukan oleh Rasulullah sallallahu’alaihi wa sallam maka tidak
diperbolehkan melebihi dari (empat puluh malam). Dan tidak termasuk menyalahi
sunnah, orang yang membiarkan memotong atau semisalnya setelah tumbuh sampai
selesai batasan tersebut.” Selesai dari ‘Nailul Authar, (1/143).
Dari sini, maka anda
diperbolehkan membiarkan tidak mencukur bulu kemaluan dengan waktu tidak
melebihi dari empat puluh. Kalau lebih dari empat puluh, maka tidak
dipebolehkan. Seharusnya orang muslim itu mengagungkan hukum-hukum Allah
Ta’ala, Allah berfirman:
(وَمَنْ يُعَظِّمْ حُرُمَاتِ اللَّهِ
فَهُوَ خَيْرٌ لَهُ عِنْدَ رَبِّهِ) الحج/30
“Demikianlah (perintah
Allah). Dan barangsiapa mengagungkan apa-apa yang terhormat di sisi Allah maka
itu adalah lebih baik baginya di sisi Tuhannya.” SQ. Al-Hajj: 30.
وقال تعالى : (وَمَنْ يُعَظِّمْ
شَعَائِرَ اللَّهِ فَإِنَّهَا مِنْ تَقْوَى الْقُلُوب) الحج/32
Dan firman Allah Ta’ala,
“Demikianlah (perintah Allah). Dan barangsiapa mengagungkan syi’ar-syi’ar
Allah, maka sesungguhnya itu timbul dari ketakwaan hati.” SQ. Al-Hajj: 32.
Yang mengherankan, seorang
wanita menikmati dengan ketidak bersihan suaminya. Dan meniru hewan apalagi
menyalahi agama, akal dan fitrah yang lurus. Sesungguhnya diantara maksud
perangai fitrah (diantaranya mencukur bulu kemaluan) adalah membersihkan badan,
dan memperhatikan perasaan orang yang dipergaulinya.
Al-Hafidz Ibnu Hajar
rahimahullah dalam ‘Fathul Bari’ berkata, “Yang terkait dengan perangai ini
(maksudnya perangai fitrah) kemaslahatan agama dan dunia, hal itu didapati
dengan mencarinya diantaranya, memperbaiki penampilan, membersihkan badan
secara keseluruhan, berjaga dari dua kebersihan, berbuat baik kepada orang yang
dipergauli, dengan mencegah dari bau yang tidak bagus, berbeda dengan syiar
kalangan orang kafir baik Majusi, Yahudi, Nasroni dan penyembah berhala,
merealisasikan perintah agama. Serta menjaga apa yang diisyaratkan oleh Allah
dalam firman-Nya ‘Dan menciptakan dengan sebaik-baik ciptaan’ dari penjagaan
terhadap perangai ini agar sesuai. Seakan dikatakan ‘Sungguh telah indah
penciptaan kamu semua, maka jangan diubah dengan sesuatu yang membuat jelek.
Atau jagalah untuk kelangsungan keindahannya, dengan menjaganya, (berarti)
menjaga akan harga diri dan persatuan yang diinginkan. Karena kalau seseorang
terlihat dari sisi penampilan yang indah, maka jiwa seseorang akan lebih
terbuka, sehingga ucapannya diterima, disanjung pikirannnya dan begitu juga
sebaliknya.” Selesai
Maka seharusnya memberikan
nasehat kepada istri ini, agar kembali ke fitrahnya yang lurus, mengagungkan
hukum agama. Hendaknya dia meyakini bahwa hukum-hukum yang disyareatkan oleh
Allah kepada orang-orang mukmin. Agar mendapatkan kebahagiaan dunia dan
akhirat. Dan yang selain dari itu tidak mungkin sama atau lebih baik darinya.
Allah Ta’ala berfirman:
(أَفَحُكْمَ الْجَاهِلِيَّةِ يَبْغُونَ
وَمَنْ أَحْسَنُ مِنْ اللَّهِ حُكْمًا لِقَوْمٍ يُوقِنُونَ) المائدة/50
“Apakah hukum Jahiliyah yang
mereka kehendaki, dan (hukum) siapakah yang lebih baik daripada (hukum) Allah
bagi orang-orang yang yakin ?” SQ. Al-Maidah: 50.
Maksudnya tidak ada yang
lebih baik hukumnya daripa Allah Ta’ala. Siapa yang menyangka bahwa hukum selain
Allah itu lebih baik dari hukum Allah, maka hendaknya dia mengevaluasi
keimanannya. Kami memohon kebaikan kepada Allah.
Soal Jawab Tentang Islam
100264: islamqa.info
(nahimunkar.com)
***
100264: هل يجوز عدم حلق العانة؟
هل يجوز عدم حلق العانة لأن زوجتي
تستمتع أكثر عند الجماع ؟ وما حكم ذلك ؟
تم النشر بتاريخ: 2007-07-13
الحمد لله
أولا :
حلق العانة من سنن الفطرة التي
حث عليها الإسلام ، واتفقت عليها الشرائع ، كما روى البخاري (5890) ومسلم (261) عَنْ
ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ قَالَ : ( مِنْ الْفِطْرَةِ : حَلْقُ الْعَانَةِ ، وَتَقْلِيمُ الْأَظْفَارِ
، وَقَصُّ الشَّارِبِ ).
ودلت السنة على أنه لا يجوز ترك
ذلك أكثر من أربعين ليلة ، كما روى مسلم (258) عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رضي الله عنه
قَالَ : (وُقِّتَ لَنَا فِي قَصِّ الشَّارِبِ وَتَقْلِيمِ الْأَظْفَارِ وَنَتْفِ الْإِبِطِ
وَحَلْقِ الْعَانَةِ أَنْ لَا نَتْرُكَ أَكْثَرَ مِنْ أَرْبَعِينَ لَيْلَةً ).
قال الشوكاني رحمه الله : ” المختار
أنه يضبط بالأربعين التي ضبط بها رسول الله صلى الله عليه وسلم فلا يجوز تجاوزها ،
ولا يعد مخالفا للسنة من ترك القص ونحوه بعد الطول إلى انتهاء تلك الغاية ” انتهى من
“نيل الأوطار” (1/143).
وعليه ؛ فلك ترك حلق العانة مدة
لا تتجاوز الأربعين ، أما أكثر من الأربعين فلا يجوز ذلك .
والواجب على المسلم تعظيم أحكام
الله تعالى ، قال الله تعالى : (وَمَنْ يُعَظِّمْ حُرُمَاتِ اللَّهِ فَهُوَ خَيْرٌ
لَهُ عِنْدَ رَبِّهِ) الحج/30، وقال تعالى : (وَمَنْ يُعَظِّمْ شَعَائِرَ اللَّهِ فَإِنَّهَا
مِنْ تَقْوَى الْقُلُوب) الحج/32 .
ومن العجيب أن تستمتع المرأة بعدم
نظافة زوجها ، ومشابهته للحيوانات ، فضلا عن مخالفة ذلك للشرع والعقل والفطرة السوية
المستقيمة ، فإن مما يقصد من خصال الفطرة (ومنها : الاستحداد) : نظافة البدن ، ومراعاة
شعور من يخالطه الإنسان ، قال الحافظ ابن حجر رحمه الله في “فتح الباري” :
“وَيَتَعَلَّق بِهَذِهِ الْخِصَال
(يعني : خصال الفطرة) مَصَالِح دِينِيَّة وَدُنْيَوِيَّة ، تُدْرَك بِالتَّتَبُّعِ
, مِنْهَا : تَحْسِين الْهَيْئَة , وَتَنْظِيف الْبَدَن جُمْلَة وَتَفْصِيلًا , وَالِاحْتِيَاط
لِلطَّهَارَتَيْنِ , وَالْإِحْسَان إِلَى الْمُخَالَط وَالْمُقَارَن بِكَفٍّ مَا يَتَأَذَّى
بِهِ مِنْ رَائِحَة كَرِيهَة , وَمُخَالَفَة شِعَار الْكُفَّار مِنْ الْمَجُوس وَالْيَهُود
وَالنَّصَارَى وَعُبَّاد الْأَوْثَان , وَامْتِثَال أَمْر الشَّارِع , وَالْمُحَافَظَة
عَلَى مَا أَشَارَ إِلَيْهِ قَوْله تَعَالَى : (وَصُوَّركُمْ فَأَحْسَنَ صُوَركُمْ)
لِمَا فِي الْمُحَافَظَة عَلَى هَذِهِ الْخِصَال مِنْ مُنَاسَبَة ذَلِكَ , وَكَأَنَّهُ
قِيلَ قَدْ حَسُنَتْ صُوَركُمْ فَلَا تُشَوِّهُوهَا بِمَا يُقَبِّحهَا , أَوْ حَافِظُوا
عَلَى مَا يَسْتَمِرّ بِهِ حُسْنهَا , وَفِي الْمُحَافَظَة عَلَيْهَا مُحَافَظَة عَلَى
الْمُرُوءَة وَعَلَى التَّآلُف الْمَطْلُوب , لِأَنَّ الْإِنْسَان إِذَا بَدَا فِي
الْهَيْئَة الْجَمِيلَة كَانَ أَدْعَى لِانْبِسَاطِ النَّفْس إِلَيْهِ , فَيُقْبَل
قَوْله , وَيُحْمَد رَأْيه , وَالْعَكْس بِالْعَكْسِ” انتهى .
فالواجب نصح هذه الزوجة ، أن تعود
لفطرتها السوية ، وتعظم أحكام الشرع ، وعليها أن توقن أن هذه الأحكام شرعها الله تعالى
للمؤمنين ، لينالوا بها سعادة الدنيا والآخرة ، ولا يمكن أن يكون غيرها مساوياً لها
أو أحسن منها ، قال الله تعالى : (أَفَحُكْمَ الْجَاهِلِيَّةِ يَبْغُونَ وَمَنْ أَحْسَنُ
مِنْ اللَّهِ حُكْمًا لِقَوْمٍ يُوقِنُونَ) المائدة/50 ، أي : لا أحد أحسن حكما من
الله تعالى .
فمن ظن أن غير حكم الله أفضل من
حكم الله فليراجع إيمانه .
نسأل الله العافية .
الإسلام سؤال وجواب
https://islamqa.info/ar/100264
EmoticonEmoticon